Kelas Pelatihan Desain Canva Di Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan

Bidang media dan IT pesantren mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan telah menyelenggarakan kegiatan kelas pelatihan desain canva pada Ahad, 23 Juni 2024. Kegiatan ini bertempat di Gedung laboratorium UAD kampus 4 tepatnya di ruangan laboratorium fakultas agama islam. Dimulainya acara pada jam 07.30 WIB dan berakhir pada jam 11.30 WIB, kelas pelatihan desain canva berjalan baik dan lancar. kelas pelatihan desain canva ini dihadiri oleh 17 peserta dari jumlah total 20 kuota peserta yang disediakan oleh bagian media dan IT persada. Dari 17 peserta tersebut terdiri dari santriwan, santriwati juga pengurus persada.

Di antara rentetan acara kelas pelatihan desain canva yaitu sambutan dari kabid media dan IT persada, ustad Mustofa ahyar S.Pd,. M.Pd menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dan potensi diri para santriwan dan santriwati persada.

“Acara kelas pelatihan desain canva ini selain untuk melatih kemampuan santri dalam desain. Dari pelatihan ini juga bisa menjadi wadah bagi santri untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam mendesain poster atau yang lainnya sesuai dengan keinginan mereka. apalagi kelas pelatihan ini menggunakan media canva yang mana membuat desain di canva itu bisa diakses dengan mudah melalui platform google chrome atau web dengan bantuan jaringan internet”

Dengan mendatangkan pemateri dari saalam multimedia sekaligus member ruang edit community yaitu Aditya Nur Rakhman yang juga merupakan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Ahmad Dahlan. Rangkaian materi yang disampaikan jelas dan mudah difahami. Dimana diawal penyampaian, pemateri memberikan wawasan santri untuk mengenal aplikasi canva. Dilanjutkan dengan santri dibimbing bagaimana cara membuat desain latar belakang di canva, menentukan ukuran desain, menambahkan font, mengubah gaya font, menentukan tata letak font yang baik, menambahkan foto atau elemen-elemen yang ada di canva, menambahkan ilustrasi ikon dan cara menentukan warna pada sebuah desain agar menarik. Setelah penyampain materi selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta kegiatan kelas pelatihan desain canva.

Menurut salah satu peserta kelas pelatihan desain canva, Aufa Bahauddin merasa sangat senang dan antusias dengan adanya kelas pelatihan desain canva ini.

“Alhamdulillah acara pelatihan Canva kemarin sangat menarik dan bermanfaat. Pemateri menyampaikan semua fitur dan tools Canva dengan sangat komprehensif. Selain itu, pemateri juga banyak memberikan tips-tips desain yang sangat berguna. Menurut saya, satu kali pertemuan untuk pelatihan ini sebenarnya masih kurang, karena masih banyak materi desain yang perlu dipelajari lebih lanjut. Semoga di kesempatan berikutnya, pelatihan ini bisa dilanjutkan dengan sesi-sesi tambahan agar peserta dapat menguasai lebih banyak aspek desain”.

Melalui kegiatan kelas pelatihan desain canva ini semoga kelas pelatihan ini terus berlanjut hingga nantinya melahirkan santri persada yang tidak hanya memiliki pemahaman agama yang kokoh tetapi juga memiliki keterampilan dalam dunia desain. Aamiin (Dany)