Pesantren Mahasiswa UAD Adakan Nobar G30S-PKI: Mengingat Sejarah, Menguatkan Nasionalisme

Yogyakarta (30/09) – Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan (PERSADA) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada hari Senin, 30 September 2024 malam mengadakan kegiatan nonton bareng film G30S-PKI bersama santri dan pengurus.

Kegiatan nonton bareng dilakukan sebagai bentuk pembelajaran terhadap sejarah kelam bangsa Indonesia berupa upaya pemberontakan dan kudeta kepemimpinan oleh pihak Partai Komunis Indonesia (PKI) kala itu. Nonton bareng dilaksanakan di hall asrama putra dan disaksikan oleh pengurus serta santri PERSADA Putra. Kegiatan nonton bareng dilaksanakan setelah perkuliahan malam santri PERSADA selesai.

Film G30S-PKI mengisahkan sejarah kelam bangsa Indonesia pada malam 30 September 1965 yang menceritakan pembunuhan 6 Jenderal 1 Perwira dikarenakan adanya isu Dewan Jendral. Sehingga peristiwa ini disebut Peristiwa G30S-PKI. Dalam film juga menggambarkan betapa kejamnya PKI membunuh dengan membabi-buta.

Nonton bareng ini diharapkan dapat menambah kecintaan santri terhadap Tanah Air dan mengingat sejarah yang pernah ada. Sebagimana perkataan Ir. Soekarno: “JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah)”. “Sejarah bukti suatu bangsa itu ada” Ujar Ust. Muslim Ghufron selaku kordinator dan narahubung kegiatan nonton bareng. (MGI)