Kunjungan Sekaligus Studi Banding Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar ke PERSADA UAD

YOGYAKARTA_ tepatnya di Universitas Ahmad Dahlan kampus 4, atau lebih tepatnya lagi di Pesantren Mahasiswa K.H Ahmad Dahlan (PERSADA), pada hari Jum’at tanggal 2 Agustus 2024 mendapat kunjungan dari Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar dengan rombongan berjumlah 35 dengan rincian 19 Musyrif putra, 14 Musyrif putri, dan dibersamai juga oleh Ustadz Zainal Abidin, S.H., M.H. selaku Mudir Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar beserta istri beliau. Rombongan dikabarkan berangkat dari Ma’had al-Birr pada tanggal 30 Juli 2024 dan tiba di Persada pada hari Jum’at tanggal 2 Agustus 2024 tepat sebelum Shalat Jum’at dimulai.

Agenda kunjungan diawali dengan menunaikan Shalat Jumat di Masjid Islamic Center UAD. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama di Persada, yaitu di Ruang Serbaguna untuk para Musyrif dan Musyrifah, serta di Ruang K.H Ahmad Dahlan untuk para BPH dan Mudir Ma’had al-Birr. Tentunya tidak hanya makan siang saja, namun juga dibarengi dengan bercengkerama dan bincang santai sembari menikmati makan siang.

Selepas makan siang, kunjungan siang itu dilanjutkan dengan mengunjungi Museum Muhammadiyah yang terletak tepat di depan Masjid Islamic Center UAD, yaitu dalam rangka melihat sejarah perjuangan K.H Ahmad Dahlan dari sebelum sampai berdirinya Muhammadiyah di Kauman, Yogyakarta, bahkan sampai Muhammadiyah sudah menjadi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Ketika sampai pada bagian lukisan yang menampilkan para pemimpin atau ketua umum Muhammadiyah dari periode awal sampai sekarang, ada sesuatu menarik yang disampaikan Mudir Ma’had al-Birr kepada pada Musyrif dan Musyrifah; “Lihatlah bagaimana perjuangan para tokoh-tokoh ini untuk Muhammadiyah. Mereka rela tidak tidur demi memikirkan masa depan Muhammadiyah. Sedangkan kalian lebih suka rebahan sambil scroll-scroll” ujar beliau.

Usai dari Museum Muhammadiyah, dilanjutkan mengunjungi Observatorium Universitas Ahmad Dahlan di lantai 10 Gedung Utama kampus 4 UAD Yogyakarta. Dalam kunjungan ke Observatorium tersebut, rombongan diajak menikmati ciptaan Tuhan, matahari, melalui teleskop. Terlihat pertama kalinya bagi mereka mendapatkan pengalaman tersebut.

Acara terakhir dan yang menjadi inti dari kunjungan tersebut adalah Studi Banding Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar ke Persada UAD. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang kaca lantai 10 Universitas Ahmad Dahlan. Dalam Studi Banding tersebut terdapat tiga sesi, yaitu penyampaian profil Persada oleh Ustadz Thonthowi, S.Ag. M. Hum., dilanjutkan penyampaian profil Ma’had al-Birr oleh Ustadz Zainal Abidin, S.M., M.H., dan yang terakhir sharing discussion untuk melihat beberapa hal yang perlu ditambah atau dikurangi demi memajukan kedua Pesantren. Salah satu tujuan diadakan Studi banding tersebut adalah dalam rangka memaksimalkan kinerja Pesantren Mahasiswa yang ada di PTMA untuk membina mencetak kader-kader yang siap berjuang dan berkhidmat di Persyarikatan Muhammadiyah. Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan cendera mata oleh Mudir Persada kepada Mudir Ma’had al-Birr. (Candra)