Jogja Mengaji – K.H. Hasan Abdullah Sahal dengan tema “Sabar dan Tawakal”

Persada UAD kembali mengadakan kegiatan yang berkerja sama dengan kampus UAD dalam acara Jogja Mengaji pada Sabtu, 16 Januari 2021 dengan mengangkat tema “Sabar dan Tawakal”. Narasumber pada acara tersebut adalah K.H. Hasan Abdullah Sahal yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor dan selaku moderator acara Ustadz Hendra Darmawan.

Acara Jogja Mengaji  tidak hanya diikuti oleh  santri Persada dan mahasiswa UAD, melainkan para dosen dan asatidz yang ikut hadir melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube PERSADA UAD TV.

Mudir Persada, Ustadz Thonthowi S.Ag, M.Hum. mengucapkan terimakasih kepada K.H. Hasan Abdullah Sahal atas ketersediaanya dalam mengisi acara Jogja Mengaji, karena ini merupakan yang pertama kalinya Persada bisa menghadirkan beliau meskipun acara tersebut dilaksanakan secara virtual.

Dalam ceramahnya, beliau K.H. Hasan menyampaikan
“orang yang mengatakan dirinya sabar, maka dia bukanlah orang yang sabar. Orang yang sabar adalah orang yang ketika diolok-olok dan jasanya dilupakan, maka ia diam. Sabar dan tawakal yang benar adalah sabar dan tawakal yang positif, aktif, konstruktif dan bukan penyerahan omong kosong”.

“orang yang mengatakan sabar, tetapi tidak berusaha, maka itu bukan orang sabar, tetapi orang malas. Jangan pernah mengatakan sabar dan tawakal jika kamu sendiri belum mengalami peristiwa yang mengharuskan kamu untuk bersikap sabar dan tawakal” ujar KH. Hasan.

Pada akhir pembicaraanya beliau menyampaikan “ yang membedakan orang islam dengan orang non islam adalah sabar dan tawakal, punya atau tidak”. Acara tersebut diakhiri dengan tanya jawab oleh para dosen dan peserta yang antusias dalam mengikutinya. Alhamdulillah, acara tersebut tidak hanya memberikan banyak ilmu pengetahuan saja melainkan juga memberikan manfaat bagaimana cara bersikap sabar dan tawakal yang sesungguhnya. (End)