Tabah (Tahajud Bahagia) Pesantren Mahasiswa Ahmad Dahlan

Yogyakarta (2/10) kegiatan rutin shalat tahajud bersama yang bertajuk Tabah (Tahajud Bahagia)  diselenggarakan di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Kegiatan dilaksanakan pada dini hari, tepatnya pukul 03.30 WIB, dan diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati Pesantren Mahasiswa Ahmad Dahlan (Persada). Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya pembinaan karakter religius dan meningkatkan spiritualitas santriwan dan santriwati.

Kegiatan diawali dengan persiapan shalat tahajud berjamaah yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta, Imam tahajud kali ini adalah Ustadz Umar Dahlan, yang memimpin dengan bacaan yang indah dan penuh penghayatan, menambah kekhusyukan dalam ibadah. Setelah kegiatan shalat tahajud selesai kemudian dilanjutkan dengan persiapan shalat subuh.

Adapun yang menarik dalam kegiatan tahajud bahagia ini adalah adanya coffee break atau snack time yang diadakan di teras Masjid Islamic Center UAD, setelah selesai shalat subuh. Para santriwan dan santriwati menikmati hidangan ringan dan minuman hangat yang disediakan oleh salah seorang muhsinin yang juga merupakan salah seorang jamaah masjid, sambil berbincang santai para santri dan santriwati antusias menikmati snack yang telah disediakan.

“Rasanya sangat senang, karena baru kali ini mendapati setelah shalat tahajud ada snack time atau coffee break” ungkap salah seorang santri bernama Rudyan Fakhriani. Terakhir kegiatan Tabah (Tahajud Bahagia)  ini diharapkan menjadi kegiatan rutin yang mampu memperkuat nilai-nilai spiritual dan kebersamaan di lingkungan pesantren. (Atqon)