PERSADA UAD Adakan Ujian Bahasa Untuk Seluruh Santri di Penghujung Tahun Ajaran 2023-2024

YOGYAKARTA, Bidang Bahasa Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan mengadakan ujian bahasa bagi seluruh santri di penghujung tahun ajaran 2023-2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lantai 2 Masjid Islamic Center UAD pada hari Kamis, 18 Juli 2024. Ujian diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati Fakultas Kedokteran, BPM, dan Reguler. Waktu pelaksanaan ujian dimulai ba’da sholat maghrib berjamaah pada pukul 18.00-18.30 WIB. Adapun mekanisme ujian pada kali ini berbeda dengan ujian bahasa yang sebelumnya.  Teknis pengerjaan ujian lebih fleksibel yaitu santri mengerjakan ujian dengan menggunakan google form yang telah dibuat dan disediakan oleh Bidang Bahasa.

Ujian bahasa yang diselenggarakan ini merupakan post-test yakni kelanjutan untuk melihat seberapa besar perkembangan santri menguasai materi bahasa setelah kegiatan bahasa yang dilaksanakan selama  dua semester. Pada awal semester ganjil sebelumnya telah dilakukan pre-test untuk mengukur masing-masing pengetahuan santri dalam bidang bahasa agar dapat disesuaikan dengan materi yang akan diberikan. Materi ujian yang dikerjakan oleh santri adalah materi yang selama ini mereka dapatkan pada program kegiatan harian maupun mingguan bidang bahasa. Kegiatan harian tersebut yaitu kegiatan mufrodat santri yang dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan hari kamis setelah tadarus bersama dan kultum subuh. Setiap harinya santri mendapatkan dua mufrodat baru yang berbahasa Arab dan dua vocab baru berbahasa Inggris dengan tema yang berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kegiatan mingguan yakni muhadatsah yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi setelah halaqah. Setiap hari Jumat santri mempelajari percakapan berbahasa Arab dan Inggris yang juga memiliki tema yang berbeda-beda setiap pekannya.

Kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh santri PERSADA UAD baik santri Fakultas Kedokteran, santri BPM, maupun santri Reguler. Diharapkan dengan dilaksanakannya ujian ini dapat menjadi evaluasi dan mengukur sejauh mana pengetahuan mereka setelah mempelajari mufrodat dan muhadatsah selama setahun ini. Ujian tersebut juga melatih mereka untuk bisa bersikap jujur dan mandiri dalam setiap harinya. Semoga materi yang telah didapatkan bisa lebih melekat sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari dan mendapatkan manfaat di masa mendatang. (Yuyun)