PERSADA Adakan Ujian Praktek Ibadah Shalat Jenazah untuk Para Santri

YOGYAKARTA, Bidang Ibadah Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan mengadakan ujian praktek ibadah shalat jenazah bagi seluruh santri yang mulai dilaksanakan sejak hari Senin-jum’at/ 27-31 Mei 2024. Adapun waktu ujian ini dilakukan secara fleksibel yaitu pada waktu halaqah ba’da subuh, sore, maupun malam sesuai dengan kesanggupan Penguji dan santri.

Ujian praktek ibadah shalat jenazah ini merupakan kelanjutan dari ujian praktek ibadah wudhu, shalat, dan tayamum yang telah dilaksanakan sebelumnya. Adapun mekanisme ujian ini menggunakan sistem rolling antar pembimbing halaqah, sehingga santri mendapat penguji dari pembimbing halaqah tahsin yang lain. Sedangkan mekanisme penilaian dari ujian ini dinilai salah satu dari 2 tata cara shalat jenazah karena dalam Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah sendiri ada dua metode dalam mengerjakan praktik ibadah shalat jenazah. Adapun cara pertama dinilai dari komponen niat, gerakan takbir yang meliputi takbir pertama (bacaan surah al-Fatihah), takbir kedua (membaca Shalawat), takbir ketiga (membaca Do’a), takbir keempat (membaca Do’a), dan diakhiri salam.  Sedangkan penilaian tatacara ibadah shalat jenazah yang kedua dinilai dari niat, kemudian gerakan takbir yang mencakup 4 gerakan, takbir pertama (membaca al-Fatihah dan Shalawat), takbir kedua (membaca do’a), takbir ketiga (membaca do’a), dan terakhir takbir keempat langsung salam.

Dengan adanya ujian praktek ujian ini harapannya para santri PERSADA tidak hanya sebagai syarat untuk memenuhi salah satu tugas di PERSADA, akan tetapi juga dapat mejadi bekal santri dan untuk memperbaiki kualitas ibadah yang sesuai dengan tuntunan Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah. (Hasan)