Qur’an Camp Bersama Santri Hafidz Quran PERSADA

PERSADA UAD- Yogyakarta, tanggal 01 s/d 02 juni 2024, santriwan dan pengurus persada mengadakan kegiatan Quran Camp bertempat di Pantai Watu kodok, Gunung Kidul, DIY. Kegiatan diikuti oleh 8 orang, terdiri dari 4 pengurus dan 4 santri. Kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan ukhuwah, mentadabburi ciptaan Tuhan, menebarkan nilai-nilai al-quran, sekaligus sebagai refreshing untuk santriwan BPM HQ (Beasiswa Program Misi Hafidz Quran).

Kegiatan Quran Camp berjalan dengan seru dan lancar.Adapun agenda kegiatan pada saat Quran Camp yaitu murojaah bareng, masak & makan bareng, tahajud, diskusi ilmiah tentang ayat Al Quran yang menjadi motivasi hidup, dan main di pantai, serta makan-makan bersama saat perjalanan pulang. Alhamdulillah, semua kegiatan dijalani dengan penuh antusias dari santri maupun pembimbing, saling membantu dan bekerjasama pada saat kegiatan berlangsung.

“Menurut saya dengan diadakannya quran camp ini, ini sebuah kegiatan yang tidak hanya sebatas healing dari penatnya perkuliahan saja, tapi menjadi wasilah bagi saya pribadi, karena kita di quran camp kita tidak hanya belajar tentang alquran tapi di quran camp pula kita di ajarkan untuk memahami esensi alquran itu sendiri, dengan diadakan nyaa diskusi “ayat paling menyentuh dalam kehidupan kita” yang lalu kita renungkan apa maksud ayat tersebut?? , dan apa saja pelajaran yang bisa kita ambil dari ayat itu?? ” Kesan Agus Soleh Pratama, salah satu santri yang mengikuti kegiatan tersebut. “kegiatan alquran camp yang diadakan persada ini seru ,menambah wawasan kita tentang alquran itu sendiri ,tidak hanya mengafal tapi mengamalkan nya mungkin ini yang disebut healing asik itu yaitu HEALING BERSAMA ALQURAN.” imbuhnya.

“Kegiatan quran camp ini sangat menarik, karena memberikan gizi pada ruh kita dengan adanya agenda murojaah, solat tahajud, hingga berbincang terakait ayat-ayat al quran, kegiatan ini perlu dilanjutkan agar bisa memaknai setiap ciptaan tuhan yang ada melalui pendekatan qurani” Ujar ustadz Azka Ali.

Harapan kedepannya, kegiatan ini bisa berlanjut dengan agenda yang lebih variatif dan menerapkan nilai-nilai al-quran sehingga menjadi rihlah yang bermanfaat buat diri dan orang lain.