Mudir Persada UAD Jadi Pemateri Workshop Nasional ASLAMA

Purwokerto, 18 Oktober 2024 – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sukses menyelenggarakan workshop penyusunan Panduan Asrama/Ma’had Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Kegiatan ini diadakan di Meeting Room Rektorat UMP dan dihadiri oleh pengurus ASLAMA (Asosiasi Pengelola Asrama) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah serta pengurus asrama PTMA se-Indonesia .

Workshop yang berlangsung pada hari Jum’at, 15 Rabi’ul Akhir 1446 H ini bertujuan untuk memperkuat manajemen dan pengelolaan asrama di lingkungan perguruan tinggi. Acara dibuka oleh moderator Nurlaela Yusuf, S.Ag., M.Ag, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari berbagai narasumber.

Mudir Persada UAD, Ust. H. Thonthowi, S.Ag., M.Hum., memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pendekatan humanis dalam negosiasi pengembangan asrama. Dalam kutipannya, beliau menyampaikan, “Lakukan pendekatan dari hati ke hati untuk negosiasi kemajuan asrama dengan pimpinan universitas.”

Rangkaian kegiatan workshop mencakup penyampaian materi best practice dari tiga narasumber:
1. Pesmadina Unismuh Makassar oleh Sitti Chaerani Djaya, S.Sos., M.Pd.
2. Persada UAD oleh H. Thonthowi, S.Ag., M.Hum.
3. Asrama Unggulan UMP oleh Bruri Abdussalam, Lc., MA.

Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk beristirahat dan melakukan diskusi lebih lanjut selama sesi istirahat dan sholat.

Dengan kegiatan ini, diharapkan pengelola asrama dapat menerapkan best practices yang dibagikan, sehingga kualitas layanan di asrama semakin meningkat dan mampu mendukung proses pembelajaran mahasiswa dengan lebih baik. (MA/AI)