Taujihat dan Apresiasi Santri Terbaik PERSADA UAD

PERSADA UAD – Yogyakarta, 4 Juni 2024 . Masa bagi seluruh santri tinggal di asrama PERSADA sudah tidak lebih dari dua bulan lagi, sehingga sebagai bentuk perhatian maka PERSADA mengadakan Taujihat sekaligus Apresiasi santri terbaik. Acara ini dilaksanakan pada hari selasa ba’da subuh yang bertempat di Masjid Islamic Center UAD dengan dihadiri oleh seluruh santri dan pengurus. Sebelum dimulainya acara, menjadi kebiasaan bersama untuk membaca al Quran maupun muroja’ah bersama yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Ali Irsyad selaku bidang ibadah.

Poin utama acara ini adalah kembali memberikan pengertian mengenai tujuan santri dalam berkegiatan di asrama, baik yang diwajibkan maupun tidak. Kesalahan, kelalaian ataupun kekhilafan tidak akan luput dari para santri maupun pengurus, sehingga taujihat ini tidak lain pun mengingatkan untuk muhasabah bersama. Jika dirasa tidak dapat melanjutkan kewajiban di asrama maka Ustadzah Azka memberi pesan untuk keluar dengan pamit dan baik-baik sebagaimana semasa datang ke PERSADA.

Di samping itu, sebagai penyegar acara yang cukup mendebarkan ini, maka PERSADA yang dikoordinasikan dengan bidang ibadah memberikan apresiasi kepada santri terbaik. Adapun santri ini berasal dari satu putra, dua putri yang masing-masing dari fakultas kedokteran dan BPM-Reguler. Tidak hanya itu, musyrif terbaik dan halaqah terbaik dari putra ikut mendapat apresiasi dari PERSADA. Penentuan ini dipertimbangkan atas beberapa aspek, seperti kehadiran perkuliahan malam, halaqah pagi, sholat jamaah, akhlak, adab, dan lainnya.

Apresiasi ini tidak lain untuk memberi semangat baik kepada yang terbaik maupun santri yang lainnya agar menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Selain itu, menjadi kebanggaan terhadap santri terbaik dalam menjalankan kewajiban di PERSADA dengan maksimal. Meskipun hanya beberapa santri saja yang menjadi terbaik, tetapi seluruh santri menjadi yang terbaik bagi diri sendiri karena mampu bertahan hingga hampir satu tahun lamanya di PERSADA. (H)